Senin, 02 Januari 2012

Gretong Biaya Administrasi dan Tarik Tunai ala BRI Syariah

Saya sebenarnya memang ingin membuka rekening baru. Ini saya lakukan bukan karena rekening saya sudah tidak dapat digunakan atau bank tempat saya menyimpan kurang aman. Apalagi karena hanya sekedar iseng ingin mengoleksi buku tabungan dan kartu ATM. Saya ingin membuka rekening baru lebih dikarenakan tanggung jawab yang saya emban saat ini sebagai bendahara makrab (ciieeeee ). wkwkwkwk.. Ya walaupun hanya sebagai bendahara makrab, tapi tetap saja bukanlah suatu hal yang mudah dong ngurusin duit orang.


Sebagai pemegang duit orang, ya tentu aja dong pengennya duit yang saya pegang ini aman dan terjamin . Tentu saja hal ini bisa dicapai dengan menabung di bank. Akan tetapi, bank punya ‘sedikit’ hal yang mengganggu pikiran saya. Sesuatu itu adalah BIAYA ATM dan ADMINISTRASI BANK . Di satu sisi, tentu saja saya ingin uang yang saya simpan aman, tapi di sisi lain saya juga gak mau menanggung biaya administrasi yang rata-rata besarnya Rp10.000an per bulan. Bagaimana dengan bunga? Oke, sayapun akhirnya melakukan perhitungan sederhana. Hampir semua bank memberikan bunga jika tabungan kita telah berada di atas Rp 1.000.000, dan bunga yang diberikan hanyalah 1% per tahun. Itu artinya, jika tabungan saya dalam bulan itu 1juta lebih dikit, saya hanya dikasih bunga 0,083% (atau Rp830) saja!!!! Rugii banget dong??? Hiks hiks hiks...
Awalnya saya tertarik dengan iklan TabunganKu yang memang sangat cocok untuk situasi saat ini. Pembukaan rekeningnya mudah banget dan juga TIDAK ADA PEMOTONGAN BIAYA per bulannya!!! Sangat menarik bukan? Ya memang sangat menarik karena TabunganKu ada di hampir semua bank di Indonesia, baik konvensional maupun syariah. Akan tetapi, ada beberapa kelemahan diantaranya adalah jumlah maksimal penarikan tunai per hari dibatasi hanya Rp100.000,00 saja. Kalau minta buat ini itu kan nanti rempong juga. huufttt .
Titik terang mulai muncul saat saya bertahunbaruan bareng Moh. Nazmudin dan Bani. Saat itu kami ingin mentraktir diri sendiri di tempat makan yang bisa dibilang cukup mahal. Tapi gak papa lah mahal juga. Toh untuk nraktir diri sendiri. Wkwkwkwk . Gak tau awalnya gimana, tapi setelah ngobrol ngalor ngidul Namu cerita BRI Syariah nya yang bebas dari biaya administrasi dan bebas biaya tarik tunai di hampir sumua ATM di Indonesia. Wow!!! Keren bangett... Ini bisa menjawab pertanyaan saya dong...
Karena penasaran atas apa yang dibilang Namu, akhirnya pada malam hari setelah kami pulang ‘berdzikir’ di alun-alun kota Cirebon saya pun langsung googling deh. Dan benar saja, apa yang dibilang sahabat saya itu emang benar.  Horeeeee... Jawaban atas apa yang saya galaukan terjawab sudah. Saya pun memilih bank BRI Syariah sebagai tempat saya menyimpan uang dengan aman. Gretongg lagi biaya2 dan tarik tunainya . BRI Syariah, selain gretong biaya administrasi juga ada beberapa keuntungan lain lhoo.. Ini dia keuntungan menabung di BRI Syariah:
  1. Ringan, Setoran Awal Minimal Rp50.000,00
  2. Gratis Biaya Administrasi Bulanan Tabungan
  3. Gratis Biaya Bulanan Kartu ATM
  4. Gratis Biaya Tarik Tunai di ATM BRI, Jaringan ATM Bersama & PRIMA
  5. Gratis Biaya Cek Saldo di ATM BRI, Jaringan ATM Bersama & PRIMA
  6. Gratis Biaya Transfer di ATM BRI, Jaringan ATM Bersama & PRIMA
  7. Gratis Biaya Debit PRIMA

Kalo gak percaya, silakan cek disini ;)

Pas hari senin tanggal 2 Januari 2012 ini saya pun langsung menuju bank BRI Syariah di Jl. Siliwangi kota Cirebon. Tapi sebelum itu saya mampir dulu di stasiun Kejaksan untuk membeli tiket pulang tanggal 5 Januari. Alhamdulillah sesuatu bangetszz saya dapet tiket eksekutif promo dengan harga Rp50.000. horeee... tanpa basa basi saya pun meluncur ke bank. Cukup dengan 15 menit, saya sudah dapat buku tabungan dan kartu ATM BRI Syariah. Sayapun dapat sedikit kenang-kenangan dari bank BRI Syariah KC Cirebon. Hahaha  

makasii banyak ya udah mampir ke blog saya,,
salam ketchup mesrah dari akkuh..
miss me ^_^v

16 komentar:

  1. kata2 yang (-_-") nih:
    ~ mentraktir diri sendiri
    ~ miss me -_-"

    info bagus ini zak, saya pake BRI britama biayanya 10rb perbulan.. ckck..
    ntar ah kalo balik bikin bri syariah..

    BalasHapus
  2. kata2 yang (-_-") nih:
    ~ mentraktir diri sendiri
    ~ miss me -_-"

    info bagus ini zak, saya pake BRI britama biayanya 10rb perbulan.. ckck..
    ntar ah kalo balik bikin bri syariah..

    BalasHapus
  3. @sybro: kenapa dengan dua frasa itu??
    aneh ya??
    hahaha
    :D
    biasa lah, ciri khas..

    makanya itu..
    lumayan banget lah pokoknya..
    kalaupun gak ada bunga (karena sistem bagi hasil), setidaknya duit kita gak berkurang..
    ;)

    BalasHapus
  4. enak dan nyaman ya nabung di bri syariah.

    BalasHapus
  5. BRI syariah itu ATMnya jadi satu dengan BRI umum apa enggak? bener2 ga ada potongan sama sekali? klu mau transfer ke bank lain kena biaya lagi ga? terimaksih.

    BalasHapus
  6. tidak seperti Mandiri Syariah yang masih satu manajemen dengan Mandiri konvensional, BRI Syariah TIDAK semanajemen dengan BRI. Oleh karena itu, ATM ya gak gabung tapi sendiri2... :)
    sejauh pengalaman saya (udah make BRI Syariah hampir setahun ini) bener2 GAK ADA potongan sama sekali. memang ada potongan, tapi itu untuk kasus2 tertentu aja, seperti transfer ke LN atau pencairan cek. untuk biaya bulanan dan biaya administrasi sejenis tidak ada potongan sama sekali. Bahkan tarik tunai atau transfer ke hampir semua Bank di Indonesia (ke BRI Syariah, ATM Bersama, dan BCA/Prima) bener2 gratiss tiss tiss... jadi gak repot kalo pergi2 ke tempat yang cuman ada ATM bank2 besarnya ajah :)
    semoga membantu..

    BalasHapus
  7. bri syariah bisa ga buka reknya di bri biasa.? Atau bri syariah itu sama ama bri biasa?
    Makasih ya infoya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa mas, BRI Syariah gak bisa dibuka lewat BRI konvensional soalnya management mereka udah kepisah. jadi BRI Syariah itu udah kayak bank tersendiri.
      maap lama responnya :p

      Hapus
  8. si agan kyanya twiboy nih.
    ah, alay detected

    BalasHapus
  9. klo uda pny account BRI Syariah, nabungnya bisa via BRI konvensional ngga ya? Bingung nih ngga ada BRI Syariah di tempat tinggal yg baru, cuma ada BRI konvensional :(
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum. mau nanya, kan diatas dibilang kalau BRI Syariah itu benar2 terpisah sm BRI konvensional sehingga kita ga bisa menyetor dari BRI konvensional ke rekening BRI Syariah.. nah kalau kita mentransfer dari BRI konvensional ke BRI Syariah via ATM, bakal begitu jugakah? apa BRI Syariah juga dikelompokkan seperti bank lain yg mesti diakses pakai jaringan ATM Bersama/Prima? makasih jawabannya..

    BalasHapus
  11. Hahha, mantap gan, panjang tulisannya .. kocak lagi
    ane juga lagi nyari info apakah ada biaya ATM BRI jika tarik tunai ?

    BalasHapus
  12. katanya sekarang udah ga gratis-gratisan lagi yah

    BalasHapus
  13. Biaya tf dr bri konve ke bri syariah via tellee berapa ?

    BalasHapus