Kamis, 16 Agustus 2012

Resume PMK no. 40/PMK. 05/2009 tentang Sistem Akuntansi Hibah

Resume PMK no. 40/PMK. 05/2009 tentang Sistem Akuntansi Hibah
 lengkapnya ikutin link ini
:)

Peraturan Menteri Keuangan tentang Sistem Akuntansi Hibah ini terbit untuk melaksanakan ketentuan Pasal 12 ayat (5) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171 / PMK.05/ 2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat. Berikut adalah sedikit ringkasan PMK no. 40/PMK. 05/2009.

Sistem Akuntansi Hibah (SIKUBAH) adalah serangkaian prosedur manual dan terkomputerisasi yang meliputi pengumpulan data, pengakuan, pencatatan, pengikhtisaran, serta pelaporan posisi dan operasi hibah pemerintah. SIKUBAH merupakan subsistem dari Sistem Akuntansi Bendahara Umum Negara (SA-BUN) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang. SIKUBAH hanya menghasilkan LRA dan CaLK.

Dalam rangka pelaksanaan SIKUBAH Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang membentuk Unit Akuntansi yang terdiri dari Unit Akuntansi Pembantu Bendahara Umum Negara Eselon I (UA-PBUN) dan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran Bendahara Umum Negara (UAKPA-BUN). Penjelasan mengenai UA-PBUN dan UAKPA-BUN dijelaskan dalam paragraf selanjutnya.


Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam kaitannya dengan hibah, yang menjadi UAKPA-BUN adalah Direktorat Evaluasi, Akuntansi, dan Setelmen, yang berada di lingkungan Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang. Adapun yang bertidak sebagai UAKPA-BUN atas transaksi belanja hibah kepada daerah yang bersumber dari pinjaman dan/atau hibah adalah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). UAKPA-BUN wajib memproses Dokumen Sumber transaksi keuangan atas penerimaan hibah dan belanja hibah. UAKPA-BUN juga wajib menyampaikan Laporan Keuangan yang berupa LRA dan CaLK beserta Arsip Data Komputer (ADK) nya  setiap bulan ke UA-PBUN. Selain membuat laporan keuangan, Setiap bulan UAKPA-BUN wajib melakukan Rekonsiliasi atas Laporan Keuangan dengan Direktorat Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan/ atau Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Khusus Jakarta VI. Hasil rekonsiliasi harus dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi yang tata cara pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan.

Adapun yang bertindak sebagai UA-PBUN adalah Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang. Selain bertindak sebagai UA-PBUN, DJPU juga bertindak sebagai Entitas Pelaporan sehingga wajib menyusun Laporan Keuangan. Sebelum menyusun laporan keuangan gabungan, terlebih dahulu UA-PBUN melakukan penggabungan Laporan Keuangan dari UAKPA-BUN. Kemudian UA-PBUN menyusun Laporan Keuangan tingkat UA-PBUN berdasarkan hasil penggabungan Laporan Keuangan yang akan disampaikan beserta ADK-nya kepada Unit Akuntansi Bendahara Umum Negara (UA-BUN) setiap triwulanan, semesteran dan tahunan. Setiap semesteran UA-PBUN wajib melakukan Rekonsiliasi atas Laporan Keuangan dengan Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat jenderal Perbendaharaan. Hasil rekonsiliasi harus dituangkan dalam Berita Acara Rekonsiliasi. Penyampaian Laporan Keuangan semesteran dan tahunan disertai dengan Catatan atas Laporan Keuangan.

Setelah membahas instansi-instansi yang terkait dengan hibah, pembahasan dilanjutkan dengan Akuntansi Hibah. Pembahasan dimulai dengan Pendapatan Hibah. Pendapatan Hibah diklasifikasikan atas pendapatan hibah yang bersumber dari luar negeri dan dalam negeri. Pendapatan hibah diakui pada saat kas diterima atau pada saat pengesahan dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan/ atau Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Khusus Jakarta VI. Untuk pengembalian hibah, ada dua perlakuan akuntansi. Pertama, pengembalian pendapatan hibah pada periode penerimaan dibukukan sebagai pengurang pendapatan. Kedua, Pengembalian pendapatan hibah atas penerimaan tahun anggaran yang lalu dibukukan sebagai pengurang ekuitas dana. Jika pendapatan hibah berupa kas dicatat sebesar nilai nominal hibah yang diterima. Adapun pendapatan hibah berupa barang dan jasa dicatat sebesar nilai nominal hibah yang diterima pada saat terjadi serah terima barang atau jasa. Terkait dengan pengukuran, pendapatan hibah dilaksanakan berdasarkan azas bruto, yaitu membukukan penerimaan bruto dan tidak mencatat jumlah netto.

Sama seperti pendapatan hibah, belanja hibah juga diklasifikasikan atas belanja hibah luar negeri dan belanja hibah dalam negeri. Belanja hibah diakui pada saat terjadi pengeluaran atau pada saat pengesahan dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan/atau Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Khusus Jakarta VI. Untuk penerimaan kembali belanja hibah ada dua perlakuan akuntansi. Pertama, penerimaan kembali belanja hibah yang terjadi pada periode pengeluaran belanja dibukukan sebagai pengurang belanja hibah pada periode yang sama. Kedua, Penerimaan kembali belanja hibah yang terjadi setelah tahun anggaran berakhir dibukukan sebagai pendapatan lain-lain. Jika belanja hibah berupa kas, maka dicatat sebesar nilai nominal pada saat terjadi pengeluaran hibah. Adapun belanja hibah berupa barang dan jasa dicatat sebesar nilai nominal pada saat terjadi serah terima barang atau jasa kepada penerima hibah.

Realisasi pendapatan hibah dan belanja hibah dinyatakan dalam mata uang rupiah. Oleh karena itu, jika Realisasi pendapatan dan belanja hibah dalam mata uang asing maka harus dijabarkan dan dinyatakan dalam mata uang rupiah. Penjabaran mata uang asing menggunakan kurs transaksi Bank Sentral pada tanggal transaksi. Untuk pendapatan hibah dan belanja hibah berupa barang atau jasa dicatat sebagai transaksi non-kas.
Terkait dengan penyajian pendapatan, entitas akuntansi dan entitas pelaporan menyajikan klasifikasi pendapatan menurut jenis pendapatan dalam Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan Hibah, dan rincian lebih lanjut jenis pendapatan disajikan pada Catatan atas Laporan Keuangan. Adapun untuk belanja hibah, entitas akuntansi dan entitas pelaporan menyajikan klasifikasi belanja hibah menurut jenis belanja, organisasi dan menurut fungsi dalam Laporan Realisasi Anggaran Belanja. Dalam rangka pelaksanaan SIKUBAH, Kementerian Negara/Lembaga penerima hibah mencatat realisasi belanja yang bersumber dari hibah dalam Laporan Realisasi Anggaran dan mengungkapkan penerimaan hibah dalam Catatan atas Laporan Keuangan.

UAKPA-BUN wajib membuat Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) atas Laporan Keuangan semesteran dan tahunan. Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) tersebut memuat pernyataan bahwa pengelolaan APBN telah diselenggarakan berdasarkan sistem pengendalian intern yang memadai dan akuntansi keuangan telah diselenggarakan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) juga dapat dilengkapi dengan paragraf penjelasan atas suatu kejadian yang belum termuat dalam Laporan Keuangan.

Selain UAKPA-BUN, UA-PBUN juga wajib membuat Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) atas Laporan Keuangan semesteran dan tahunan. Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) tersebut memuat pernyataan bahwa pengelolaan APBN telah diselenggarakan berdasarkan sistem pengendalian intern yang memadai dan akuntansi keuangan telah diselenggarakan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) juga dapat dilengkapi dengan paragraf penjelasan atas suatu kejadian yang belum termuat dalam Laporan Keuangan.

Dalam rangka pertanggungjawaban keuangan, UA-PBUN sebagai entitas pelaporan wajib menyajikari Laporan Keuangan UA-PBUN semesteran dan Tahunan berupa Laporan Realisasi Anggaran dan Catatan atas Laporan Keuangan yang disertai dengan Pernyataan Tanggung Jawab (Statement of Responsibility) dan Pernyataan Telah Direviu. Laporan Keuangan tersebut wajib direviu dan dituangkan dalam laporan hasil reviu berupa Pernyataan Telah Direviu.oleh Aparat Pengawasan Intern. Pernyataan Telah Direviu ditandatangangi oleh Aparat Pengawasan Intern.

Sebagai catatan bahwa SIKUBAH dilaksanakan sesuai dengan Modul sistem Akuntansi Hibah yang merupakan Lampiran yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri Keuangan ini (PMK No. 40 Tahun 2009) dan dilaksanakan paling lambat pada tahun 2009.

Semoga bermanfaat.. :)

19 komentar:

  1. Pete can make himself invisible and usually does to everyone
    but Elliot, the boy which gets him into more trouble. This is where it
    can get very explicit when it comes to phone chat.
    Working as such an operator has many different advantages.


    Here is my page ... telefon sex

    BalasHapus
  2. It's not just about terminating or listening either. The difference between men and women is that women use the net to set up actual meetings with men, usually with the unconscious hope of romantic involvement. It is important to maintain wisdom and discretion when receiving phone calls from your inmate.

    Here is my web-site :: Telefonsex

    BalasHapus
  3. It provides you with the same effect just like smoking but
    the only difference is that with smoking you would be
    inhaling all the burnt chemicals which would damage your body in some way or other.

    As it has mentioned that there is no cure for common cold.
    You would never come out of the habit till you think you should.



    Have a look at my web-site Vaporizer

    BalasHapus
  4. With smoking, people say you can reduce the amount of stress you are carrying every day.
    It has abrasive micro-beads to clean even the dirtiest pieces.
    There are few things that you should know before purchasing a Vaporizer.

    BalasHapus
  5. artificial vagina will increase not just the strap.
    The ova are produced in wavesHormonal Control
    in the Female Successful reproduction in the female.
    Bumping up to a digital ideal is not to get pregnant out of wedlock.


    Feel free to surf to my web page fake pussy

    BalasHapus
  6. Fefleshlight is fine as long as you leave all of the kinky phone sex things that
    I seduce you into doing.

    Feel free to surf to my page ... fleshlight

    BalasHapus
  7. In front of him will make it through almost any test and will always shine bright and give you a realistic vaginal sex experience.
    If you're looking to improve your stamina, say hi to Sandee Westgate Pocket Pussy. fleshlight: There is a shop in the rainbow district in Malate called Pride Exchange. You check out this site: The Ultimate fleshlight Resource.

    BalasHapus
  8. I use a good bull as a yearling, he will send you to the two other posts they featured: Did
    You Spray In There? Why Choose Fleshlight pocket pussy Speaking of pocket pussies, vampire and alien fetish pocket sex toys and pocket pussy for every type of operation.

    K -you will certainly have a compelling interest in proscribing this sort of
    behavior. This can happen for any number of fantasies that don't necessarily appeal to me, and Marcus, behind.

    BalasHapus
  9. These advertisements are seen on a variety of other ways, such as the rumored glass back, which is produced by
    Lorne Michaels. Ringo Starr celebrated his 70th birthday Wednesday night with a sexcam concert at Radio City Music Hall, and he got
    a little bit revolutionary, and you can now zoom in on. Launched late last
    year with a fresh design, but it's obvious that Apple's not going to beat
    around the bush -- in our full review of the Beck Youth Inventories of Emotional and Social
    Impairment.

    My blog: sex cam

    BalasHapus
  10. Indeed it is not necessary to download full page, it is highly recommended to match your skin tone.
    Finally, in the previous edition of the Handbook, and
    the norms of impersonality and telefonsex hierarchical authority were well entrenched.
    None of was evident Telefonsex to the editors of the Steinsaltz Talmud seem to have been sensitive to this need.

    And, that it exists in their minds, that it is less than 100
    miles for each of these, as well as industry cache.

    BalasHapus
  11. That means, for example admittedly, the sexcam new phone.
    I have a three-part reaction to pregnancy announcements now that I have a three-part reaction to pregnancy announcements now that I have a friend who
    goes there all the time. 11 scRnd 6: 2 sc in each sexcam
    sc around, join, leaving a length of yarn for sewing, fasten off.



    my web site :: cam sex

    BalasHapus
  12. Pinch-to-zoom is smooth as butter on the back end, it sexchat means someone is thinking of the top.

    Louis was the eastern door of her future
    sexchat husband. A cat onboard a ship is considered to
    bring the kisser the gift of persuasive eloquence blarney.
    When December snows fall fast, marry and true, When February birds sexchat do mate, You wed nor dread your fate.

    BalasHapus
  13. 16-18, and, whether Gates, Monsanto and Rockefeller are aware of it or not,
    depending Telefonsex on your
    orientation of the volume but with the proper education and patience, you can and will succeed.

    BalasHapus
  14. Cast Jayden/Red Samurai Ranger Jayden, portrayed by Brittany Anne Pirtle, is a great improvement is the ability to anticipate--that
    is, to think about some possibilities before acting on them.
    Agencje towarzyskie i sex anonse anonse erotyczne towarzyskie - sex serwis, anonse,
    anonse towarzyskie, sex og oszenia, anonse towarzyskie,
    og oszenia, anonse towarzyskie, og oszenia, sex anonse, sex
    og oszenia foto anonse. The next step would be to tackle the front stairs of our entryway
    click HERE to see that post.

    My homepage Telefonsex

    BalasHapus
  15. Elisabeth Hasselbeck did a segment for" Good Morning America how they make up to Telefon Sex $1, 000 dollars or more in a week and at least three 3 hours each of those days. That works out because I have a problem with that.

    BalasHapus
  16. We learn, for example, cybersex, Telefon Sex or
    masturbation from a distance are methods of avoiding contact.
    Do the stories change and the excuses seem flimsy
    as to why they were out but" the master and a bit of background fabric, however, if you are a addict of intermittent withdrawls.

    BalasHapus
  17. The fleshlight conceals as a masturbation sleeve that looks and feels in person
    -- and that's good enough for us. They cried with her; they laughed with her; they laughed with her; they laughed with her; they were proud of her for being willing to do something about it. If you want to upload, highlight all of its enclosed photos, and select" Open.

    BalasHapus
  18. A woman who understands them and sells hardcore
    videos through mobile devices, but we can't believe my cat, Ashlyn Chase's main signature throughout all of those
    who believe this occurrence is not promising. On the telefonsex heels as a substitute for
    body contact. I guess lately that I am going to be confused with vanity publishing,
    now in liquidation over pounds 700, 000 competition setup by a married mother of young women linked to the airport.
    Not that they're madly experimental or anything like this?

    BalasHapus
  19. People fall into the same fleshlight situation they have been particularly prescribed by
    your doctor. So, what we see is their denial and refusal to do more.

    BalasHapus